Menu Tutup

Makanan yang meningkatkan imunitas tubuh saat puasa

makanan peningkatkan imun tubuh

Mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh saat puasa sangat penting agar tidak mudah terserang oleh virus. Saat kondisi perut kosong karena puasa selama kurang lebih 12 jam, tubuh kita akan lemah karena kekurangan asupan makanan. Hal ini yang menyebabkan rentanya tubuh terserang berbagai macam penyakit sistem pencernaan.

Apalagi saat ini sedang banyaknya virus dimana mana yang dapat menyerang tubuh kita saat kondisi imun tubuh kita lemah. oleh karena itu beberapa hari yang lalu saya sempat mendengarkan dan membaca artikel cara meningkatkan imunitas tubuh disaat bulan puasa.

Disini saya akan memberikan informasi mengenai cara meningkatkan imunitas tubuh saat puasa. Agar imun tubuh kita tetap kuat saat menjalankan puasa. Tips yang paling efektif menjaga imunitas tubuh saat puasa adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi. Apa saja makanan itu, mari kita bahas satu persatu.

1. Telur

Kandungan pada telur memiliki protein tinggi dan terdapat vitamin B-kompleks dan D yang baik untuk memperlancar aliran darah sekaligus membasmi penyakit. Selain itu telur juga sangat bagus untuk meningkatkan imun tubuh.  Dengan pengelolahan yang mudah saat cocok untuk di hidangan saat sahur maupun buka puasa.

2. Jamur

Kandungan beta glukan pada jamur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu jamur juga dapat meningkatkan pembentukan sel darah putih, dimana darah putih sangat berperan dalam kekebalan tubuh kita. Dilain sisi jamur juga kaya akan zinc dan beragam nutrisi lainnya yang mendukung terjaganya imunitas tubuh kamu.

3. Semangka

Buah yang satu ini saat cocok menemani kita saat berbuka puasa. Ketika bulan puasa kebanyakan orang akan mencari buah ini karena kandungan airnya yang tinggi. Ingat saat tubuh tidak makan dan minum selama 12 jam pasti kita akan kekurangan cairan, maka buah ini sangat cocok dikonsumsi. Semangka juga mempunyai manfaat dalam menurunkan tekanan darah. karena itu buah ini sangat cocok untuk melengkapi kebutuhan tubuh saat puasa.

4. Jahe

Pernahkan anda ketika demam atau flu menyerang, meminum jahe hangat sangat akan membuat badan lebih enak. Hal ini tidak salah karena kandungan antimikroba yang terdapat pada jahe sangat ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Bayam

Kandungan antioksidan yang tinggi pada bayam membantu melawan radikal bebas yang  bisa menyebabkan peradangan. Selain itu sayuran yang satu ini mampu membantu membuat sel sel baru di dalam tuhuh. Mengkonsumsi suyur bayam saat sahur dan berbuka baik untuk kebutuhan tubuh kita.

Itu tadi adalah 5 makanan yang membantu imunitas tubuh kita saat puasa. Agar tubuh kita mampu menangkal virus virus yang akan menyerang tubuh. Selain makanan – makanan diatas jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin c untuk mendukung imunitas tubuh. Terimakasih anda sudah membaca artikel ini, silahkan baca artikel-artikel menarik lainya .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *