Menu Tutup

Ingin Memiliki Berat Badan Ideal ? Begini Caranya

menjaga berat badan ideal

berat badan ideal

Memiliki berat badan ideal adalah impian setiap orang, tidak terbatas pada gender, usia, kalangan, dan status sosial. Pasalnya memiliki bobot tubuh ideal bukan hanya menarik secara fisik, namun berpengaruh juga pada kesehatan. Tubuh yang terlalu berat akan sulit untuk beraktivitas.

Namun tubuh yang kekurangan bobot juga tidak baik, karena mudah merasa lemas dan terlihat kekurangan gizi. Pada dasarnya semua orang bisa gemuk, yang membedakan adalah pola hidup. Ada orang yang merasa kesulitan menambah berat badan, ada juga yang merasa kesulitan menurunkan berat badan.

Sebenarnya jika ditelusuri lagi, permasalahannya satu yakni orang tersebut sudah melakukan pola hidup yang benar atau belum. Bisa saja yang merasa berat badannya sulit naik, karena memang asupan makanan tidak memenuhi standar, sehingga sulit bagi tubuh untuk menambah bobot.

Sebaliknya, orang yang merasa berat badan idealsulit diraih karena angka timbangan terus bergerak ke kanan, bisa jadi lebih sedikit melakukan aktivitas dibandingkan jumlah makanan yang masuk. Banyak hal yang menjadi sebab setiap orang kesulitan menambah dan mengurangi berat badan.

Cara Menurunkan Berat Badan

Untuk Anda yang bermasalah dengan berat badan susah turun, cara-cara di bawah ini bisa diaplikasikan untuk mempertahankan berat badan ideal, yaitu:

1. Menghindari Junkfood

Godaan yang sulit dilawan ketika ingin mempertahankan bobot tubuh ideal adalah tidak mengkonsumsi junkfood. Kelezatan junkfood memang tidak terbantahkan, namun Anda harus ingat tujuan mengidealkan tubuh.

2. Konsumsi Perasan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan zat besi, lemak, karbohidrat, vitamin c, fosfor, kalsium, dan vitamin B1. Berbagai kandungan tersebut amat baik untuk menjaga berat badan ideal. Karena jeruk nipis yang masam namun kaya manfaat.

3. Minum Air Putih

Air putih adalah cara paling sederhana untuk mempertahankan berat badan ideal. Air putih juga menjadi konsumsi wajib guna mencegah dehidrasi yang menyebabkan kulit kering hingga pecah-pecah.

4. Konsumsi Buah dan Sayur

Kandungan air pada buah dan sayur dipercayai dan memang terbukti baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Buah dan sayur adalah nutrisi alami yang membantu Anda mencapai berat badan ideal.

5. Hindari Ngemil Malam

Ngemil saat malam hari memang godaan yang tidak bisa dihindari. Namun jika Anda ingin mengidealkan berat badan maka godaan itu harus ditahan agar berat badan tidak bertambah. Gantinya, Anda bisa konsumsi buah dan air putih.

Keuntungan Memiliki Berat Badan Pas

Memiliki berat badan ideal bukan hanya bagus untuk visualisasi fisik, namun juga dapat menghindarkan tubuh dari berbagai ancaman penyakit. Tubuh yang kegemukan bukan tidak mungkin rentan terhadap serangan diabetes.

Orang yang tidak mencapai berat badan idealjuga rentan terkena penyakit jantung. Logikanya jantung manusia itu tidak akan berkembang sepanjang bobot tubuh terus melesat. Kegemukan menyebabkan ketidakseimbangan jantung.

Anda pasti kaget jika dikatakan lemak dari perut mempengaruhi muasal terjangkitnya kanker payudara. Jadi, bukan hal berlebihan jika wanita mengharapkan berat badan ideal. Salah satu alasannya adalah untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Orang yang terlalu banyak makan dan berat badannya berlebihan akan terganggu kesuburannya. Pada wanita, bobot tubuh tidak ideal berpengaruh pada sistem ovulasi, masa menstruasi, dan lain-lain yang berhubungan dengan sistem reproduksi.

Orang dengan bobot tubuh tidak berlebihan dan tidak juga berkekurangan akan lebih mudah tidur nyenyak. Pasalnya berat badan berlebihan bisa menimbulkan sesak napas. Pasca mengetahui keuntungan memiliki berat badan ideal, tentu menjaga berat badan agar tetap ideal penting untuk diperhatikan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *