Menu Tutup

Hal yang harus disiapkan saat krisis ekonomi

persiapan saat krisis

Hal yang harus kita disiapkan saat krisis ekonomi. Walaupun semua negara pasti menginginkan perekonomianya bisa stabil dan berkembang. Dimana dengan produktifitas yang meningkat disegala sektor, yang di ikuti dengan lapangan kerja yang banyak, naiknya tingkat upah pekerja, daya beli yang meningkat, permintaan dan penawaran akan barang dan jasa yang tinggi, serta inflasi.

Tetapi pada kenyataanya tidak demikian, banyak faktor yang mempengaruhi sebuah perekonomian suatu negara. Krisis ekonomi bisa melanda negara mana aja, sekaligus negara super power seperti America Serikat pun bisa terjadi. Saat krisis ekonomi negara akan mengalami serba ketidakpastian di segala hal. Dimana keuangan, harga kebutuhan pokok mulai meningkat, pemutusan kontrak kerja, bahkan yang paling ditakutkan terjadi penjarahan dimana-mana seperti saat krisis 98.

Lalu hal-hal apa yang harus kita siapkan saat krisis ekonomi ? yang mungkin bisa saja terjadi dinegara kita. Nah berikut ini adalah tips yang akan saya bagikan saat krisis ekonomi terjadi kepada negara kita.

  • Mempersiapkan Keuangan

Keuangan sangatlah penting saat krisis itu terjadi. Maka dari itu anda harus bisa mulai mendata asset keuangan anda ( gaji, tabungan, deposito, dll ) agar bisa membuat perencanaan kedepan. Jangan berharap gaji saja atau bagi yang berwirausaha jangan mengandalkan sisa modal atau laba usaha anda. Karena krisis ekonomi bisa menghantam disegala sektor.

  • Membuat daftar kebutuhan prioritas

Segeralah melakukan daftar kebutuhan pokok yang harus disiapkan setiap bulanya. Mulai melakukan perencaan dan sebisa mungkin kebutuhan yang sifatnya sekunder jangan dimasukkan di dalam perencaan daftar kebutuhan. Kebutuhan yang di rencanakan adalah kebutuhan sehari – hari, cicilan & biaya tak terduga.

  • Mengurangi Hutang

Sebelum krisis ekonomi semakin mendalam sebisa mungkin untuk mengurangi hutang. Karena semua orang memiliki resiko kehilangan mata pencaharian, aset seperti kendaraan dan rumah. dan jika anda masih punya cukup simpanan, segera lunasi hutang-hutang seperti kartu kredit. Agar kedepanya saat krisis mulai terjadi beban anda mulai berkurang.

  • Miliki uang dalam bentuk tunai

Saat kondisi sedang terjadi krisis ekonomi biasanya beberapa sektor investasi akan mengalami menurunan, maka dari itu cara yang aman adalah dengan kita memiliki uang tunai. lebih baik menarik semua dana investasi sebelum terjadi krisis yang lebih buruk dan nilai uang kita akan berkurang.

Hal ini karena apa ? saat kondisi krisis banyak orang akan menjual aset – asetnya yang bergerak maupun tidak bergerak dengan harga miring. Nah dengan anda memiliki uang tunai anda bisa memiliki aset dengan harga yang miring.

  • Kurangi pengeluaran

Kondisi ekonomi yang kurang bagus ada baiknya anda juga harus mengurangi pengeluaran dari biasanya. Jika tidak bisa sepenuhnya, mulailah dengan sebagian yang anda kurangi. hal ini agar kebutuhan ekonomi keluarga anda lebih baik saat krisis. Sebagai contohnya jika anda biasanya sering belanja online shop untuk fashion dan hobi anda, stop sementara dulu sampai kondisi ekonomi membaik. Gunakanya fashion dan hobi anda yang sudah anda beli sebelum-sebelumnya.

  • Mencari penghasilan tambahan

Ekonomi yang lesu jangan sampai membuat anda juga tidak kreatif. Mulai asah keahlian anda untuk dapat menambah keuangan keluarga anda. Semua anda bisa lakukan dirumah dengan yang kecil-kecil terlebih dahulu. Seperti membuat paket sembako untuk tetangga anda, makanan siap saji, dan lainya yang berhubungan dengan kebutuhan orang sehari-hari.

  • Menjaga Kesehatan

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan anda dan keluarga. Saat kondisi krisis ekonomi jangan sampai anda mengurangi gizi di dalam tubuh anda dan olahraga. kesehatan adalah sama dengan aset, saat anda tidak menjaganya maka ketika sakit pasti akan berpengaruh terhadap keuangan anda. Kecuali kesehatan anda dan keluarga sudah di ansuransikan, inilah pentingnya BPJS atau ansuransi kesehatan untuk kita.

  • Menjaga aset dan keluarga

Disaat krisis ekonomi sangat rentan dengan terjadinya penjarahan, kriminalitas dan kekerasan. Hal ini karena disaat krisis orang mulai berfikir nekat saat kebutuhan mereka tidak tercukupi. Pencurian dan kekerasan dijalan sampe dengan penjarahan yang meresahkan masyarakat. Oleh karena itu hal yang perlu disiapkan sat krisis ekonomi adalah dengan menjaga aset dan keluarga kita.

Untuk itu sesuatu yang bisa kita lakukan adalah meningkatkan sekuriti keamanan dirumah dan ditempat aset kita berada, contohnya dengan memasang CCTV untuk rumah kita dan tempat usaha kita, memasang GPS untuk aset sepeda motor kita.

Siapapun itu tidak ada yang ingin kondisi krisis ekonomi itu terjadi. Karena akan berdampak kepada semua orang. Oleh karena itu dengan kita menyiapkan segala hal saat krisis ekonomi dengan melakukan poin-poin diatas setidaknya kita bisa mampu melewati kondisi krisis yang terjadi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *