Menu Tutup

Cara menentukan nama domain dalam sebuah website

menentukan nama domain

menentukan nama domain

Menentukan nama domain adalah langkah awal yang dilakukan setiap orang saat membuat website. Nama domain memiliki makna nama alamat web, serta website yang kerap kita akses memiliki IP yang tersusun atas angka-angka.

Terlalu rumit jika kita diminta untuk menghafal angka-angka tersebut. Biar hal ini hanya dimengerti ahli IT. Nama domain merupakan sarana yang dibuat sebagai alternatif memudahkan siapa saja saat mengunjungi website. Sehingga dengan nama domain tersebut, Anda dapat mengunjungi web dengan lebih mudah.

Nama domain adalah solusi paling tepat karena bukan hanya memudahkan, namun Anda bisa menentukan nama domain sendiri sendiri sesuai keinginan. Orang akan mudah mencari web Anda jika nama domain disesuaikan dengan tema web.

Menentukan nama domain bukan hanya melihat dari sisi selera, namun optimal tidaknya pemilihan nama tersebut. Nama domain harus spesifik, namun tidak berarti Anda menggunakan kalimat terlalu panjang. Penggunaan kalimat yang bertele-tele justru menimbulkan kesulitan saat orang harus mengetik dan menghafal nama domain tersebut.

Yang harus diperhatikan dalam menentukan Domain

Mengingat menentukan nama domain unsur penting dalam pembuatan web, beberapa tips di bawah ini bisa Anda terapkan:

  1. Memasukan tema ke dalam nama domain untuk mempermudah pencarian yang dilakukan orang dan memudahkan pengenalan web Anda. Misalkan, tema web Anda tentang pernikahan, Anda bisa memasukan kata kunci sakinah mawaddah warahmah.
  2. Memasukan nama daerah sebagai nama domain adalah salah satu strategi yang detail sebagai alat promosi. Misal, toko yang menjual sembako itu banyak, Anda bisa lebih spesifik menuliskan toko sembako Sidoarjo, misalnya ke dalam nama domain.
  3. Kombinasi beberapa kata kunci yang lebih menjurus. Misal, Anda berbisnis properti dan menargetkan kalangan anak muda. Bisa saja Anda meletakan embel-embel properti rumah minimalis. Strategi ini dikaitkan dengan tujuan dibuatnya web dan target pasar dari web itu.
  4. Jika Anda seorang pemula yang membutuhkan banyak arahan saat membuat nama domain, menggunakan jasa ahli adalah solusi terbaik. Nama domain adalah jalan yang membuat pengguna internet menuju web Anda, sehingga pemilihannya tidak bisa sembarangan.
  5. Memanfaatkan TLD atau top level domain dalam menentukan nama domain adalah langkah tepat. Anda bisa memilih akhiran web dari mulai com, org, id, net, dan sebagainya. Masing-masing domain memiliki kriteria penggunaan yang berbeda.

Memeriksa Nama Domain Sebelum Digunakan

Tidak menutup kemungkinan pemilihan nama domain yang Anda inginkan terkendala, karena mirip dengan nama domain orang lain. Tenang, Anda bisa memeriksa terlebih dahulu nama domain yang tersedia melalui situs gratisan seperti di Siapnge.com. Ketik saja nama domainnya dan lihat ketersediaan nama tersebut.

Pemeriksaan Nama domain adalah hal yang sangat penting, maka Anda dapat mengeceknya pada alat gratisan yang bisa banyak dicari di internet. Caranya cukup mudah, ketik saja nama domain yang Anda inginkan dan lihat apakah nama tersebut sudah dipakai orang lain atau belum.

Jika nama domain belum tersedia maka Anda bisa menggunakannya, jika sudah Anda harus mencari yang lain. Nama domain adalah unsur penting, pemilik web sudah pasti harus mempertimbangkan sedari awal mengenai pemilihan nama yang nantinya akan diingat dan menjadi identitas di benak orang.

Jika domain yang dicari tersedia, langkah selanjutnya adalah Anda dapat meneruskan ke tahapan berikutnya, dimana tahapan tersebut merupakan tahapan pembayaran. Jumlah bayar ditentukan dari jenis nama domain yang dipilih.

Jika ingin terima beres, sebenarnya Anda bisa memanfaatkan jasa pembuat web. Namun, repot membuat domain web sendiri juga tidak kalah mengesankan. Bahkan Anda bisa menyadari bahwa pemilihan nama domain adalah proses yang penting dalam pembuatan website.

Terimakasih telah membaca artikel ini. jika bermanfaat silahkan share ke orang lain. dan jika ada pertanyaan silahkan komentar atau hubungi saya di form kontak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *