Menu Tutup

Cara Install dan Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting

cara install zoom

Semenjak pendemik Covid-19 menyerang hampir di seluruh Negara, yang mengakibatkan banyak negara-neraga yang mengambil tindakan pembatasan sosial. Mulai dari aktivitas yang dibatasi hingga sampai dengan penutupan wilayah atau lockdown. Hal ini mengakibatkan banyak pekerja kantoran yang mulai bekerja dari rumah dan meeting yang harus dilakukan dengan video conference.

Dengan banyaknya pakarja yang melakukan aktivitas di rumah atau work from home. Banyak aplikasi konferensi vidio pun mulai di gunakan untuk penunjuang aktivitas mereka. Salah satunya yaitu aplikasi Zoom, dengan aplikasi ini membuat teleconfrence dengan rekan kerja menjadi lebih mudah dengan berbagai fitur yang dimilikinya. anda bisa mencobanya dengan download di app store atau play store.

Apa itu Zoom Meeting

Aplikasi Zoom adalah sebuah aplikasi yang menyediakan layanan video conference yang berbassis cloud komputing. Aplikasi ini memungkinkan kita bertemu secara virtual, baik itu panggilan surata, obrolan maupun panggilan video. yang menjadi unggulan dari aplikasi ini adalah semua yang kita lakukan di aplikasi ini bisa di rekam.

Pada tahun ini saja pengguna aplikasi Zoom telah mengalami peningkatan yang cukup pesat. Hal ini tidak lepas dari dampak pandemi covid-19 yang mengakibatkan banyak dari kita untuk aktivitas dan bekerja dari rumah. Di ambil dari data situs zoom, sampai dengan bulan maret 2020 ini ada 2,22 juta pengguna aktif aplikasi zoom.

Download Aplikasi Zoom

download aplikasi zoom

Cara download aplikasi zoom sangatlah mudah, anda tinggal kunjungi situs zoom menggunakan browser anda. Lalu silahkan download sesuai dengan device yang anda gunakan. Android (Google Play) Windows (Microsoft) Apple/Mac (App Store). untuk lebih jelas cara download dan menggunakan aplikasi zoom berdasarkan device anda, saya akan jelaskan dibawah ini.

Cara Install Apalikasi Zoom

A. Zoom untuk Windows

  1. Setelah selesai download di situs zoom
  2. Silahkan cari file aplikasi zoom di folder Download di komputer anda.
  3. Kemudian Klik 2x pada file zoom lalu Install.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses install selesai.
  5. Silahkan register dan login di aplikasi zoom pada komputer anda.
  6. Selesai

B. Zoom untuk Macbook

  1. Download aplikasi zoom di situs zoom
  2. Pergi ke folder Download pada komputer anda.
  3. Klik 2x pada file Zoom.pkg.
  4. Tunggu hingga proses install selesai.
  5. Register dan Login pada aplikasi Zoom.
  6. Selesai.

C. Zoom untuk Android

  1. Download dan Install aplikasi zoom pada Play Store
  2. Silahkan buka aplikasi zoom pada ponsel android, lalu register dan login.
  3. Aplikasi zoom siap digunakan.
  4. Selesai.

D. Zoom untuk Iphone

  1. Download dan Install aplikasi zoom pada App Store
  2. Buka aplikasi zoom lalu silahkan Register dan login.
  3. Zoom cloud meeting siap digunakan.
  4. Selesai.

Cara Menggunakan Zoom Meeting

Cara menggunakan aplikasi zoom tidak sulit dan terbilang sangat mudah. Hal ini dikarenakan karena tampilanya yang user friendly dan navigasi menu yang sangat mudah.

Cara menggunakan aplikasi zoom

Pada gambar di atas adalah tampilan awal saat masuk ke aplikasi zoom, dimana anda tinggal pilih menu sesuai dengan kebutuhan anda, berikut penjelasanya.

  • New Meeting digunakan jika kamu akan membuat meeting dengan rekan-rekan anda, bisa dibilang kamu menjadi admin disini. dimana dalam membuat meeting anda akan diberi kode meeting dan password yang akan anda sampaikan ke rekan-rekan anda agar bisa masuk ke ruang meeting yang telah dibuat.
  • Join menu ini berguna jika anda sebagai peserta meeting, untuk masuk ke meeting akan tinggal masukkan kode/nomor meeting dan password yang diberikan oleh pembuat meeting.
  • Schedule adalah fitur yang memungkinkan kita membuat rencana meeting sesuai dengan schedule yang kita tentukan.
  • Share Screen menu ini lebih kepada kita yang akan melakukan join meeting tetapi bukan video conference yang tampil, tetapi screen layar laptop yang akan tampil di aplikasi zoom meeting. Ini sangat berguna jika kita mau melakukan presentasi yang menampilkan power point atau data kerja.

Kelebihan dan Kekurangan Zoom Meeting

Kalow kita berbicara mengenai aplikasi, pasti setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan ini adalah hal yang wajar karena tidak ada aplikasi yang sempurna. Tetapi yang akan saya bagikan disini adalah kelebihan dan kekurangan aplikasi zoom berdasarkan beberapa review yang sudah banyak orang berikan di komentar aplikasi dan juga beberapa artikel yang membahas mengenai ini. Silahkan anda nilai aplikasi zoom ini apakah layak untuk digunakan atau tidak.

Kelebihan Aplikasi Zoom Meeting

  1. Mendukung fitur presentasi : Menurut saya ini adalah kelebihan utama dari zoom, dimana seseorang bisa melakukan presentasi saat teleconfrence. Sangat membantu bagi dosen, guru, karyawan yang akan melakukan presentasi ke murid dan rekan kerjanya.
  2. Kuota Room Meeting yang Besar : Aplikasi zoom dapat menampung 1.000 partisipan dan 10.000 viewers dalam satu forum live video.
  3. Mendukung berbagai OS : Hampir semua perangkat Operating Sistem support oleh Aplikasi Zoom ini.
  4. Kualitas Video yang Bagus : Dibandingkan dengan aplikasi yang lain, zoom meeting memiliki kualitas video yang dibilang bagus.
  5. Aplikasi Gratis : Ya. . untuk menggunakan aplikasi zoom kita tidak perlu membayar, semua disediakan gratis. Walaupun ada juga paket prabayar, tapi klw kita ingin menggunakan yang gratis juga sudah cukup fitur-fitur yang diberikanya.
  6. Tata letak user saat room meeting yang interaktif : Penyusunan lokasi video konferensi yang bagus dan saat live presentasi juga tidak mengganggu tampilan anggota live meeting.

Kekurangan Aplikasi Zoom Meeting

  1. Tidak support bahasa Indonesia : Jika anda kurang paham dengan bahasa inggris, mungkin aplikasi ini sedikit menyulitkan bagi anda.
  2. Boros Data Internet : Hal ini dikarenakan kita menggunakan video live, yang mengakibatkan borosnya data internet yang terpakai.
  3. Kualitas Video tergantung koneksi Internet : Saat internet anda kurang baik, maka kualitas video dan audio anda akan terganggu.
  4. Privasi : Saat kita mendaftar ke aplikasi maka data kita akan terekam di penyedia aplikasi zoom, dan rentan bocornya informasi penting. Saya menyarankan untuk mengenai data penting perusahaan dan keuangan jangan disampaikan di saat room meeting aplikasi ini.

Demikian artikel ini saya buat, semoga dapat bermanfaat silahkan share ke yang lain. dan jika ada pertanyaan silahkan komentar dibawah. Terimakasih. . . .