Menu Tutup

5 Tips Tetap Produktif saat WFH (Work From Home)

tips produktif saat wfh

Tips tetap produktif saat WFH (Work From Home) perlu dilakukan di tengah maraknya penyebaran virus pandemi Covid-19 di Indonesia. Kondisi ini membuat pemerintah memutuskan peraturan bagi para pekerja untuk stay at home dan Work From Home,atau yang dikenal dengan istilah WFH. Tentu saat menjalani aktivitas dari rumah, terasa tidak produktif bukan?

Sangat banyak hal atau kegiatan yang dapat Anda lakukan sembari melaksanakan WFH, hingga pandemi Covid-19 ini berakhir. Beberapa tips tetap produktif saat WFH tersebar secara meluas di internet. Tentu untuk membantu Anda agar tetap melakukan hal-hal positif di dalam rumah. Ya, hanya di dalam rumah pun Anda tetap dapat produktif, jangan salah!

Jangan sampai, hanya karena Anda bekerja di rumah, akan menjadikan Anda seorang yang pemalas, seperti bekerja di atas kasur, tentu sangat disayangkan bukan? Bergerak juga diperlukan agar tubuh juga tidak kaku. Anda tentu perlu menyimak beberapa hal mengenai tips tetap produktif saat WFH berikut ini agar segala kegiatan yang Anda lakukan tetap positif dan baik.

Mengatur Waktu Anda dalam Bekerja

Tips tetap produktif saat WFH pertama, saat Anda bekerja dari rumah, tentu akan sangat membutuhkan tenaga untuk tetap fokus dan berkonsentrasi. Karena, berbeda dengan suasana rumah, saat di kantor, Anda akan lebih mudah berkonsentrasi sebab suasananya yang kondusif serta lingkungannya yang mendukung. Sehingga akan sangat mudah melakukan berbagai kegiatan di kantor secara langsung.

Tidak dengan rumah, di rumah, akan ada banyak berbagai aktivitas yang berbeda. Kondisi yang lebih nyaman digunakan untuk istirahat kini harus digunakan untuk bekerja. Untuk meminimalisir kegiatan yang sia-sia, Anda dapat mengatur waktu kegiatan bekerja di rumah, sama dengan waktu berkegiatan di kantor. Tips tetap produktif saat WFH ini tentu penting untuk diterapkan.

Menentukan serta Mengatur Waktu Istirahat

Berbeda dengan kondisi kantor yang terkadang serius, dengan lingkungan yang nyaman seperti di rumah, tentu membuat waktu terasa berjalan lebih cepat dari biasanya. Tanpa perjalanan menuju dan pulang dari kantor, jelas membuat Anda duduk nyaman menikmati pekerjaan yang ada. Cara berikutnya ialah memperhatikan waktu istirahat Anda ketika di rumah.

Tips tetap produktif saat WFH yang ini sangatlah penting diingat, karena biasanya tips yang satu ini sering dilupakan dan diabaikan. Merasa bekerja dari rumah tidak membutuhkan tenaga, malah membuat Anda lupa untuk tetap makan dan beristirahat. Tentu saat Work From Home ini tenaga juga diperlukan, untuk berpikir dan menjalani aktivitas lainnya di rumah.

Bekerja dengan Seru Bersama Anak-anak

Tips tetap produktif saat WFH berikutnya ialah bekerja di rumah dengan asyik dan seru bersama anak-anak. Anda tentu bertanya-tanya, bagaimana bisa tetap bekerja dengan fokus dan berkonsentrasi jika dilakukan bersama anak-anak? Tentu ini tidak seperti yang Anda pikirkan. Anda perlu lebih kreatif dalam masa darurat pandemi Covid-19 ini, karena akan lebih sering menghadapi anak-anak di rumah.

Oleh sebab itu anda dapat memberikan segudang kegiatan mengasyikkan kepada anak-anak seperti buku mewarnai, buku menggambar, buku cerita yang mendebarkan dan lainnya agar memberikan kesibukan pada anak-anak saat di rumah, sehingga Anda dapat tetap fokus dan berkonsentrasi saat bekerja dari rumah. Bagaimana? Tentu perlu dipraktikkan.

Berkomunikasi dengan Sehat

Tips tetap produktif saat WFH yang keempat dan perlu Anda perhatikan ialah memiliki komunikasi yang baik dan sehat dalam tim saat work from home. Hal ini sangat penting dilakukan agar tidak terjadi miskomunikasi dan juga masalah yang berbelit-belit. Anda tentu tidak ingin menambah kerumitan di tengah pandemi Covid-19 ini bukan? Perhatikan komunikasi!

Saat Anda bekerja dari rumah, bukan berarti Anda diwajibkan secara terus menerus duduk diam dan menatap layar komputer. Tentu Anda bisa melakukan aktivitas lainnya sembari bekerja.  Anda dapat mengkomunikasikannya secara baik dan sehat kepada teman satu tim Anda. Sampaikan izin dan keinginan Anda kepada teman, agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Tetap Menjaga Kesehatan Selama WFH Berlangsung

Tips tetap produktif saat WFH terakhir yang tidak kalah penting dari keempat tips di atas! Apa itu? Ya, menjaga kesehatan, baik raga juga jiwa. Bagaimana ingin melakukan berbagai pekerjaan dan kegiatan produktif lainnya, jika Anda dalam keadaan sakit? Tentu hal tersebut sangat tidak diinginkan untuk terjadi bukan? Apalagi sakit di tengah pandemi ini, sungguh sangat berbahaya.

Anda dapat melakukan berbagai macam kegiatan olahraga untuk tetap sehat dan bugar. ini penting sekali untuk dilakukan, agar kegiatan WFH Anda tidak terhambat. Tidak terbayang bukan memiliki pekerjaan menumpuk akibat sakit? Jaga pola makan dan gizi Anda, serta berolahraga secara teratur dapat menjaga kesehatan Anda!

Tentu Anda sangat disarankan untuk melakukan kelima tips di atas, agar Anda dapat melakukan berbagai kegiatan di rumah dengan baik dan selalu produktif. Tentunya dalam kondisi yang baik dan juga sehat. Bagaimana? Buatlah Work From Home dan Stay At Home Anda menjadi lebih produktif dengan beberapa tips ada diatas.

Terimakasih telah membaca, jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke yang lain. Dan jika ada yang ingin menambahkan dan memberi saran silahkan komentar dibawah. . . #DirumahAja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *